Menghilangkan Jerawat Dengan Temulawak, Efektifkah?

Menghilangkan Jerawat Dengan Temulawak, Efektifkah?

Jerawat merupakan sebuah masalah yang pastinya dapat mengganggu seseorang. Jangankan bagi seorang wanita, pria pun akan merasa risih bila mempunyai masalah jerawat pada wajahnya. Sebenarnya banyak solusi untuk menyelesaikan masalah jerawat ini, namun berbagai cara tersebut terkadang menimbulkan efek samping ataupun menimbulkan masalah baru bagi wajah. Sebuah penemuan baru menyatakan bahwa menghilangkan jerawat dengan Temulawak cukup efektif dan aman.

Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan jika menggunakan cara alami menghilangkan jerawat. Keuntungan terbesar salah satunya yakni, pastinya kita mengetahui apa saja bahan yang akan kita gunakan. Selain itu, bahan alami juga lebih aman karena bebas bahan kimia yang dapat menyebabkan masalah lain pada wajah. Yang kedua, dengan menggunakan bahan alami, pastinya efek samping tidak akan kita jumpai. Hal itu tentu ramuannya/pembuatannya dengan takaran yang sesuai.

Masalah Jerawat merupakan masalah umum yang terjadi pada setiap orang. Dimana ketika seseorang itu memasuki fase pubertas pertama dalam kehidupannya. Walaupun demikian, masalah jerawat ini tidak akan menjadi masalah serius yang dapat menggangu seseorang apabila kita menanganinya secara tepat. Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan temulawak ada baiknya dulu kita mengetahui mengapa jerawat itu bisa timbul.

Penyebab timbulnya jerawat

Ada beberapa hal yang wajib anda ketahui penyebab timbulnya jerawat. Hal ini berguna bagi anda agar lebih mengetahui bagaimana cara perawatannya. Beberapa penyebab munculnya jerawat antara lain

1. Bakteri

Bakteri yang biasa menjadi penyebab munculnya jerawat disbut P acne. Bakteri ini berkembang biak dalam kelenjar sebaceous. Kelenjar Sebaceous ini merupakan kelenjar yang ada pada wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya. Ketika pori-pori kita tertutup dan mengalami penyumbatan, hal ini menyebabkan iritasi pada daerah sekitarnya. Dalam proses ini maka daerah diseputaran pori yang tersumbat ini akan mengalami pembengkakan hal inilah yang menyebabkan adanya jerawat.

2. Sel Kulit Mati

Sesuai dengan pertambahan usia, maka sel kulit juga mengalami pergantian. Sel kulit yang lama akan mati dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Sel kulit yang mati tadi dapat dihinggapi bakteri. Bila kita tidak rajin membersihkannya, hal ini tentunya juga juga menjadi penyebab munculnya jerawat.

3. Produksi minyak berlebih

Pruduksi minyak berlebih disebabkan karena hormone yang ada dalam tubuh. Bila kita kurang telaten dalam pemeliharaan kebersihan wajah/tubuh, produksi minyak yang berlebih tersebut juga dapat menjadi penyumbat pori-pori. Hal ini juga menjadi penyebab munculnya jerawat.

Ampuhkah Menghilangkan jerawat dengan temulawak?

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat, sekarang coba kita bahas mengenai temulawak. Temulawak merupakan jenis tumbuhan tumbuhan akar rimpang.Atau bisa juga disebut tanaman rempah-rempah. Tanaman ini sangat gampang ditemui karena memang hidupnya sangat tempat dengan kontur iklim di Indonesia.

Menghilangkan jerawat dengan temulawak memang merupakan salah satu dari banyak cara mengobati jerawat. Namun aromanya yang sedikit menyengat menjadikan banyak orang enggan menggunakannya.

Baca juga : Manfaat Bawang putih untuk menghilangkan jerawat

Kandungan dalam temulawak

Banyak sekali kandungan dalam temulawak yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Beberapa  kandungan zat gizi yang terkandung dalam temu lawak antara lain protein dan lemak, karbohidrat, kalium, protein serta zat minyak yang disebut dengan zat minyak atsiri. Minyak ini mengandung kamfer, xanthorrizol, phelandren, sineal dan tumerol.

Banyak para tabib jaman dahulu menggunakan temulawak ini untuk mengobati beberapa jenis penyakit dalam tubuh. Antara lain hati, ginjal, mual-mual bahkan untuk kanker. Namun minyak yang terkandung dalam temulawak juga dapat dimanfaatkan sebagai obat luar untuk memperhalus dan mencerahkan kulit.

Cara mengolah temulawak menjadi masker penghilang jerawat.

Untuk meracik masker temulawak sendiri dirumah, tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan ramuan. Bahan-bahan yang diperlukan

  • Temulawak dengan besar lebih kurang 2 cm
  • Air bersih

Caranya, Bersihkan temulawak dengan cara dicuci bersih. Kemudian kupaslah kulit temulawak, lalu parut dan campurkan dengan kurang lebih 2 (Sdm) air. Aduk sampai merata. Masker siap digunakan.

Cara pemakaian

Oleskan masker secara merata di seluruh wajah. Lebih baik digunakan sebelum tidur. Diamkan kurang lebih 15 s/d 20 menit. Lalu bilas kembali wajah sampai bersih. Namun masker ini jangan sampai dibawa tidur. Karena hal ini dapat menyumbat pori-pori dan menghalangi sirkulasi udara pada wajah anda.

Mengolah Temulawak menjadi bedak dingin anti inflamasi

Bila anda memiliki jenis jerawat yang meradang dan menimbulkan kemerahan pada kulit wajah anda. Ada baiknya anda juga meramu/membuat bedak dari bahan temulawak ini. Bedak temulawak lawak ini bisa anda buat dengan beberapa bahan campuran yang sangat baik dipakai baik bagi anda yang memiliki jenis kulit kering ataupun kulit berminyak. Berberapa bahan yang harus anda siapkan

  • Temulawak dengan besar lebih kurang 2 cm
  • Beras
  • Minyak zaitun.

Caranya, cuci dan bersihkan temulawak kemudian kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian haluskan. Bisa dengan parut atau bisa juga diblender. Langkah selanjutnya Buatlah beras menjadi tepung beras. Kemudian Temulawak yang telah halus tadi campurkan dengan tepung beras (lebih kurang 3 sdm). Aduk sampai merata. Setelah itu campurkan lagi dengan minyak zaitun (1 sdm).

Lalu aduk lagi sampai merata. Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak bisa juga ditambahkan 1 (sdm) perasan jeruk nipis. Buatlah berbentuk bola-bola kecil lalu keringkan dibawah sinar matahari.

Cara Pemakaian

Larutkan bedak dingin yang berbentuk bola-bola kecil tersebut dengan air secukupnya. Oleskan kebagian wajah secara merata. Untuk pengobatan Gunakan bedak dingin selama kurang lebih 3 atau 4 jam agar bahan alami yang terkandung dalam bedak dapat diresap dan memperbaiki sel-sel kulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal. Gunakan bedak ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Untuk perawatan, gunakan bedak minimal 1 kali dalam seminggu.

Itulah ulasan lengkap tentang menghilangkan jerawat dengan Temulawak. Jika Anda tidak tahan dengan aromanya yang sedikit menyengat, Anda juga dapat menggunakan Jeruk lemon. Sebab, Manfaat jeruk lemon untuk menghilangkan jerawat juga sudah terbukti. Selamat mencoba!

Berbagi itu berkah, Yuk berbagi...!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *